Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya

Sudah Kenal 2 Tahun, Tapi baru Sekarang Menulis di Gurusiana

Sudah hampir 10 tahun saya nulis di blog pribadi, tapi baru sekarang saya mulai menulis di gurusiana. Waduhhh kenapa bisa begitu ?

Sebenarnya saya sudah kenal gurusiana sejak pertengahan 2017. Saat itu saya menemani kepala sekolah yang mengikuti workshop literasi. Dalam acara itu, ada salah satu sesi yang diisi oleh media guru. Penerbit buku tersebut mendorong dan memfasilitasi guru untuk menerbitkan buku, sampai akhirnya diperkenalkanlah program sagusabu (satu guru satu buku). Kemudian saya iseng searching di google tentang penerbit media guru dan programnya sagusabu.

Kemudian, entah bagaimana ceritanya, saya mendarat di sebuah postingan gurusiana yang mengajak membernya mengirim tulisan untuk dibukukan menjadi antologi. Setelah membaca postingan tersebut, saya melihat-lihat isi web gurusiana. Ternyata ini blog bersama, seperti kompasiana milik kompas. Menariknya, gurusiana diperuntukan khusus untuk guru, profesi yang saya tekuni.

Saat itu saya belum langsung mendaftar ke gurusiana. Saya merasa sudah punya terlalu banyak platform menulis (3 blog & kompasiana). Saya juga punya akun guraru, yang akhirnya terlantar. Dikhawatirkan akun gurusiana yang sudah dibuat juga hanya menjadi terabaikan.

Walau hampir 10 tahun ngeblog, saya tidak banyak menulis tentang pendidikan. Saya cukup jarang mendapat ide menulis dari tema pendidikan. Saya juga baru tiga tahun menjadi guru, belum punya banyak pengalaman. Maka, Saya merasa belum punya banyak bahan untuk menulis di gurusiana. Ditambah lagi, saya mengira seluruh tulisan di gurusiana pasti panjang-panjang dan berbobot kaerna nantinya akan diproyeksikan menjadi buku. Itu semua membuat saya belum percaya diri bergabung ke gurusiana.

Setelah saya kembali melihat tulisan-tulisan yang diposting para member gurusiana, saya memutuskan mendaftar menjadi member gurusiana pada awal tahun ini. Saya tidak lagi memikirkan hal-hal yang membuat saya tidak percaya diri menulis.

Pada intinya, saya menjadi bisa merubah cara pandang tentang menulis. Cara pandang seperti apa yang berubah ? Simak di postingan saya selanjutnya ya hehe.

Saya juga merasakan semangat menulis yang ada di diri setiap member gurusiana. Terbukti dengan selalu hadirnya artikel baru, tanpa mengenal pagi, siang, malam. Semangat itu sepertinya menullar kepada saya. Semoga kedepannya saya bisa konsisten juga menulis di gurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Welcome to the club. Berikutnya saya undang nulis di www.majalahliterasi.id ya. Barakallah

22 Feb
Balas

Terima kasih pak

22 Feb

seperti air, lembut tapi mengena kedalam relung jiwa. salam dari padang lawas pak

21 Feb
Balas

wah datang dari jauh. Terimakasih pak sudah berkunjung

21 Feb

Selamat datang di rumah besar Gurusiana..

21 Feb
Balas

Terima kasih bu

21 Feb

Semangat dan salam literasi Pak.Silahkan mampir ke lapak saya, tulisan pendek tema yg ringan saja ... Barakallah

20 Feb
Balas

iya saya kunjungi balik lapak ibu hehe

21 Feb
search