Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tanya Jawab Tingkat Tinggi
sumber gambar: depositphotos

Tanya Jawab Tingkat Tinggi

Tantangan Hari Ke-11

#TantanganGurusiana

Hari ini pembelajaran di kelas saya memasuki tema baru. Pada pembelajaran 1 langsung disuguhkan materi tentang penjelajahan samudera oleh bangsa barat.. Teks bacaan membahas tentang awal mula dan faktor yang menyebabkan bangsa barat melakukan penjelajahan samudera. Saya melihat materi ini cukup nikmat untuk disantap. Dari satu teks bacaan itu, bisa menjadi pembahasan yang panjang dan melebar kemana-kemana. Cara membahasnya cukup dengan metode tanya jawab. Tapi…. bukan sekadar tanya jawab biasa. Ini tanya jawab tingkat tinggi.

Ketika menjelaskan, saya pancing dengan satu pertanyaan. "Awalnya bangsa barat hanya membeli rempah-rempah, lalu kenapa mereka malah jadi menjajah Indonesia ?"

Siswa menjawab dengan versinya sendiri-sendiri. Setelah itu akhirnya saya meluruskan jawaban yang tepat.

Cukup dengan pertanyaan pancingan tersebut, siswa-siswa kemudian menyerbu saya dengan aneka pertanyaan. Inilah yang saya tunggu-tunggu. Siswa semangat bertanya. Hal itu menunjukkan antusiasme siswa dalam mengikuti pelajaran. Saya sesekali tidak menyangka dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

"Pak, kenapa Inggris hanya sebentar saja berada di Indonesia ?"

"Pak, apakah dahulu Papua Nugini termasuk wilayah Indonesia?"

"Pak, apakah Indonesia tidak pernah menjajah negara lain?"

Masih ada banyak lagi pertanyaan-pertanyaannya, saking banyaknya sampai saya lupa hehe. Saya cukup kewalahan meladeni serbuan pertanyaan dari siswa. Seperti yang tadi saya bilang, pembahasan materi ini akan melebar kemana-mana. Namun saya senang karena rasa ingin tahu siswa sangat tinggi. Dengan terbiasa bertanya dapat juga menumbuhkan sikap kritis kepada siswa. Saya kerap membalas ajukan pertanyaan kepada siswa. Jadi kami silih berganti saling melempar pertanyaan.

Ketika pertanyaan siswa mulai habis, saya melihat jam. Ternyata sepuluh menit lagi pembelajaran hari ini berakhir. Sungguh tidak terasa waktu 1 jam lebih terlewati.

Pembelajaran seperti itu bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya sudah beberapa kali berlangsung tanya jawab tingkat tinggi seperti itu.

Semoga setelah melewati pembelajaran tersebut, siswa-siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna dan berguna untuk melatih pola pikir mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap sekali

26 Jul
Balas



search

New Post