Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Soal Tantangan Untuk Siswa
Desain: Canva

Soal Tantangan Untuk Siswa

Tantangan Hari Ke-14

#TantanganGurusiana

Reward sesekali bisa diberikan kepada siswa untuk menambah minat/semangat belajar. Saya sendiri merasa jarang memberi reward. Bukan karena pelit ya, tapi saya belum menemukan sistem yang tepat agar reward bisa diberikan kepada anak. Saya tidak mau mengumbar reward begitu saja. Jika seperti itu, fungsi reward tidak berjalan semestinya.

Akhirnya saya menemukan sistem yang tepat untuk memberikan reward. Saya menyebutnya dengan "soal tantangan". Sesuai dengan namanya, siswa harus mengerjakan sendiri soal latihan dengan tingkat lebih tinggi. Siswa yang paling pertama dan kedua selesai mengerjakan dengan jawaban yang benar, akan mendapat reward. Soal tantangan seperti ini saya terapkan pada pelajaran matematika.

Mengapa saya terpikirkan untuk membuat soal tantangan ?

Ini berawal dari keresahan melihat daya juang dan kepercayaan diri siswa yang masih kurang. Setiap mengerjakan latihan, para siswa silih berganti bertanya kepada saya untuk mengecek apakah cara yang digunakan atau jawabannya sudah benar. Setiap selesai satu nomor, mereka menghampiri saya untuk mengecek seperti itu. Selain itu, setiap latihan diberikan mereka secara otomatis saling bertanya tentang cara yang digunakan untuk menjawab soal. Saya tidak ingin hal itu menjadi kebiasaan. Saya ingin sesekali siswa dengan kemampuannya sendiri, percaya diri terhadap apa yang sudah dikerjakan.

Belum lagi kalau tingkat kesulitan soal mulai bertambah. Mereka minta diberi petunjuk cara pengerjaan soalnya. Saya ingin siswa mencoba berusaha sendiri dahulu dalam memecahkan soal agar tumbuh dan berkembang kemampuan nalarnya dan daya juangnya. Saya tidak ingin mereka selalu bergantung pada saya.

Itulah faktor-faktor yang membuat saya berpikir mencari cara yang menarik dalam mengerjakan soal latihan. Hingga akhirnya muncul ide soal tantangan.

Jadi jika di buku cetak saya menemukan soal yang agak sulit, saya beri tahu bahwa ada soal tantangan berhadiah. Saya jelaskan syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Setelah siswa paham, saya beri kesempatan kepada seluruh siswa untuk mengerjakan sendiri tanpa bertanya kepada saya atau temannya.

Jika ada siswa yang sudah selesai, saya periksa jawabannya. Bila jawaban salah, maka ia gugur. Saya tunggu sampai ada dua siswa pertama yang berhasil menjawab dengan benar. Setelah mendapat pemenangnya, saya berjanji untuk memberi cokelat silverqueen di hari esok. Selanjutnya, barulah saya memberi petunjuk cara mengerjakannya kepada seluruh siswa di kelas. Mereka juga saya persilakan untuk bertanya kepada saya atau temannya.

Saya senang teknik ini berjalan sesuai harapan. Ternyata ada kok siswa yang mampu menjawab benar dengan kemampuan sendiri. Semoga dengan adanya soal tantangan, siswa dapat menumbuhkan kemampuan bernalar, daya juang, dan kepercayaan dirinya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ijin adopsi Pak Brian. Mantap

28 Jun
Balas



search

New Post