Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memberi Kesempatan Siswa Bicara Di Depan Kelas
gambar: dokumentasi pribadi.

Memberi Kesempatan Siswa Bicara Di Depan Kelas

#Tantangan Hari Ke-13

#TantanganGurusiana

Pada pidato hari guru tahun lalu, Pak Nadiem menulis pidato yang cukup membawa gairah pendidikan Indonesia. Salah satu isi pidatonya adalah ajakan untuk memberi kesempatan siswa mengajar di kelas. Apa manfaatnya ? saya menduga untuk melatih keterampilan berbicara. Selain itu, mendorong siswa untuk lebih giat mempelajari materi. Jika tidak menguasai materi, tentu akan bingung mau bicara apa.

Namun jika itu diterapkan di kelas saya, apakah bisa ?

Saya menyadari bahwa sebagian besar murid di kelas saya kurang percaya diri. Bahkan ketika saya mengambil gambar untuk dokumentasi, ada beberapa murid yang menutup wajahnya. Mereka kurang memiliki semangat untuk tampil memberi yang terbaik ketika ada kesempatan tampil di depan. Sungguh disayangkan, saya tidak menemukan murid yang memiliki pembawaan senang tampil di hadapan orang banyak.

Dengan kondisi seperti itu, awalnya saya menganggap kegiatan siswa mengajar tidak akan berjalan sesuai harapan. Saya khawatir siswa akan banyak diam atau berbicara dengan suara yang pelan. Selain itu saya khawatir siswa lain yang sebagai penonton membuat kegaduhan sehingga kegiatan bicara di depan berjalan tidak kondusif. Saya tahu siasatnya yaitu memberi soal kepada mereka. Namun tetap saja dikhawatirkan ada satu-dua siswa yang berkomentar atau malah menertawai siswa yang sedang tampil, sehingga suasana kurang kondusif.

Namun akhirnya kali ini saya nekat membuat tugas keterampilan berbicara. Saya meminta setiap siswa harus bicara di depan kelas secara bergantian. Topik yang dibahas seputar tema 6. Saya beri kebebasan materi muatan pelajaran apa yang dipilih. Saya juga mengizinkan siswa membawa catatan kecil berisi poin-poin ide pokok.

Sebelum hari pelaksanaan, saya terlebih dahulu membuat undian urutan maju. "Duh aku deg-degan." Begitulah respon banyak siswa ketika mengambil nomor undian.Setelah mereka semua mengambil undian, saya mendata urutan tampil dari nomor 1 sampai 31. Selanjutnya saya sampaikan bahwa setiap hari dijadwalkan ada 3 siswa yang tampil.

Entah mengapa, kali ini saya percaya bahwa murid saya akan bisa melakukannya.

Pada hari pertama pelaksanaan, hanya dua yang tampil. Satu siswa tidak masuk karena sakit. Dari dua penampilan itu, saya merasa kurang puas karena mereka kurang lancar bicaranya sehingga terlihat kurang siap

Hari ini hari kedua. Saya senang melihat siswa-siswa yang akan maju. Mereka menyiapkan rangkuman di selembar kertas untuk mereka pelajari terus menerus.

Hasilnya tiga penampilan lebih memuaskan dibanding kemarin. Suara mereka terdengar jelas. Bahkan ketiganya bicara tanpa catatan kecil. Kemudian, saya tawarkan siswa lainnya untuk maju. Tak diduga ada tiga yang mau. Namun akhirnya dua siswa yang jadi tampil. Satu siswa lainnya belum siap. Saya senang hari ini siswa mulai menunjukkan semangat tampil bicara di depan. Suasana kelas juga bisa kondusif.

Melihat hal tersebut, untuk selanjutnya saya menambah kuota siswa yang maju menjadi 5 orang per hari. Dengan demikian tugas keterampilan ini akan cepat selesai.

Semoga dengan mendapat pengalaman bicara di depan kelas, tumbuh percaya diri dan keberanian di diri siswa untuk tampil di depan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keterampilan menyampaikan gagasan memang perlu dilatih sejak dini. Luar biasa.

05 Feb
Balas

Iya bu agar kedepannya mereka terbiasa public speaking sehingga bisa bersaing dengan banyak orang. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar bu :)

05 Feb

Keren Pak Guru.Saya suka... Saya suka

05 Feb
Balas



search

New Post