Brian Prasetyawan

Guru SDN Sumur Batu 01 Jakarta. Menempuh pendidikan S1 PGSD di Unika Atma Jaya Jakarta. Baru menjadi guru sejak 2014. Ngeblog juga di www.praszetyawan.com...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menggali Hobi Sekaligus Menghias Kelas

Menggali Hobi Sekaligus Menghias Kelas

Tantangan Hari Ke- 8

#TantanganGurusiana

Ketika sedang melihat media sosial, saya kerap menemukan foto-foto belakang ruang kelas yang indah karena dihias. Jika ruang kelas indah dan nyaman dilihat tentu membangkitkan semangat belajar. Saya pun menjadi ingin ikut menghias kelas saya. Namun bagian belakang kelas saya bukan tembok tapi pintu rolling door. Tentu tidak bisa untuk menempel hiasan disana. Saya pun berpikir bagaimana agar belakang kelas saya tetap ada hiasan. Akhirnya saya punya Ide. Saya meminta seluruh siswa untuk membuat gambar cerita tentang hobi mereka. Jadi kalau ada yang hobi sepak bola, ia menggambar orang sedang menendang bola. Siswa menggambar di selembar kertas gambar A4.

Lalu bagimana memasang gambar di rolling door ? Saya memasang benang kasur di sepanjang rolling door. Kertas gambar satu per satu dijepit di benang kasur menggunakan jepitan jemuran. Maka jadilah galeri gambar hobi setiap siswa kelas saya. Tentu area belakang kelas tidak cukup menampung seluruh gambar siswa yang berjumlah 31. Maka sisanya saya pasang benang kasur lagi di kiri dan kanan kelas.

Tugas menggambar tersebut tidak sekadar untuk menjadi hiasan kelas. Sebelumnya saya sudah pernah meminta siswa menuliskan cerita tentang hobi mereka. Jadi ada keterhubungan antara tulisan cerita mereka dan gambar yang dibuat.

Saya ingin siswa menyadari hal apa yang menjadi kesukaannya. Diharapkan hobi yang dimiliki akan menjadi kelebihan yang bisa dikembangkan menjadi kekuatannya. Memang saya melihat beberapa siswa memiliki hobi yang terlihat menonjol. Murid laki-laki tentu suka bermain futsal, sebagian lainnya suka menggambar. Murid perempuan banyak yang suka renang dan menggambar.

Saya sendiri merupakan orang yang kemampuan dan kreativitasnya sangat kurang dalam keterampilan menggambar. Maka, Ketika mereka diberi tugas menggambar saya kerap takjub melihat betapa bagusnya gambar dan pewarnaannya. Saya tentu tidak bisa menggambar sebagus itu.

Ya begitulah setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Begitu pula siswa. Jika ada siswa yang belum terlihat kelebihannya di bidang apa, maka tugas kita sebagai guru untuk membantu menemukan potensinya. Jika ia kurang di bidang akademik, tetap kita hargai dan dukung kelebihannya di bidang lain.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Pa. Kreatif dn inspiratif

08 Apr
Balas



search

New Post